Senin, 19 Maret 2012

Kiat Sukses Ujian Dengan Do'a Dan Belajar Maksimal


Ujian Akhir Nasional bagi para siswa merupakan hal yang menakutkan, dan banyak orang gagal mencapai keberhasilan karena mereka tidak memiliki berbagai persiapan dalam menghadapi ujian.

”Sebetulnya kalau kita sudah mempersiapkan diri sebaik baiknya kita tidak perlu takut menghadapi ujian tersebut”. Selain persiapan diri dengan belajar dan menjaga kesehatan tubuh dengan cukup makan dan istirahat, selain itu ada doa doa yang sangat membantu agar dalam ujian nanti bisa sukses sesuai harapan.

Konsentrasi prima sangat dibutuhkan ketika mengerjakan soal ujian, agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan, maka diperlukan fisik yang sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan dianjurkan berolahraga secara teratur. Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal soal ujian tersebut.

Salah satu Makanan atau minuman yang sangat membantu untuk bisa konsentrasi , mudah menghafal dan menguatkan ingatan adalah Meminum madu asli dalam keadaan haus, artinya madu itu di minum begitu saja tanpa harus di beri campuran apapun, minumlah seperti ketika anda memakan gula gula atau permen.

Yang kedua adalah Air zam zam, minumlah air zam zam ini dengan niyyat atau dengan di sertai berdoa agar dalam menghadapi ujian di beri kemudahan. Hal ini sudah sangat masyhur dalam kitab kitab Hikmah atau bahkan mendapat legalitas dari Rosulullah,seperti ماء زمزم لما شرب له (Air zam zam di minum sesuai niyyat yang meminumnya) artinya air zam zam mujarab sekali bagi orang yg meminumnya sesuai niyat peminumnya.

Bacalah Doa Dan yakinlah dengan Ijabah Dalam Wirid ini ketika menghadapi ujian, di baca setelah sholat hajat (bagi yg meyakini kebenarannya) atau sholat tahajud:

اللهم ارحمني بترك المعاصي أبدا ما أبقيتني ، وارحمني أن أتكلف ما لا يعنيني وارزقني حسن اليفبن فيما يرضيك عني,

(Allahumma Irkhamni bi tarkil ma’ashi Abadan ma abqoytani, warhamni an atakallafa ma la ya’ninii warzuqni khusnal yaqini fi ma yurdhika ‘annii).

“Wahai Tuhanku kasihanilah diriku dengan meninggalkan maksiyat selama Engkau melestarikan kami (selama masih hidup) dan kasihanilah kami dengan tidak Engkau kuasakan kepada kami apa yang tidak penting bagi kami, dan berilah kami bagusnya keyakinan dalam apa yang Engkau Ridho dengan Kami”

اللهم بديع السموات والأرض ذا الجلال والإكرام و العزة التي لا ترام أسألك يا الله يا رحمن بجلالك ونور وجهك أن تلزم قلبي حفظ كتابك كما علمتني وارزقني أن أتلوه على النحو الذي يرضيك عني , اللهم بديع السموات والأرض ذا الجلال والإكرام والعزة التي لا ترام أسألك يا الله يا رحمن بجلالك ونور وجهك أن تنور بكتابك بصري وان تطلق به لساني وأن تفرج به عن قلبي وان تشرح به صدري وأن تغسل به بدني ، فإنه لا يعينني على الحق غيرك ولا يؤتيه إلا أنت ، ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

(Allahumma Badi’as samawati wal ardhi dzal jalali wal ikromi wal .izzati allati la turomu, asaluka ya Allah Ya Rahman bi jalalika wa nuri wajhika an talzama qolbi khifdho kitabika kama ‘allamtani, warzuqni an atluhu ‘alan nahwil ladzi yurdhika ‘anni, Allahumma badi’as samawati wa ardli dzal jalali wal ikromi wal .izzati allati la turom, asaluka ya Allah ya Rahman bi jalalika wa nuri wajhika an tunawwiro bi kitabika bashori wa an tahtlaqo bihi lisani wa an tufarrija bihi ‘an qolbi wa an tasyrokha bihi shodri wa antaghsala bihi badani, fa innahu la yu,inuni ‘alal haqqi ghoiruka wa la yuktihi illa anta wa la haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim).

“Wahai Tuhanku yang merintis langit bumi, yang berkeagungan dan berkemulyaan dan berderjat tinggi, Aku memohon kepadaMu Ya Allah Ya Rahman dengan Keagungan DzatMu agar senantisa hati kami menghafal KitabMu sebagaimana Engkau memberikan Ilmu kepada Kami. Dan berilah kami senantiasa membacanya sebagaimana Engkau Ridloi bacaan kami, Wahai Yang merintis langit dan Bumi Yang berkeagungan dan berkemulyaan dan berderjat tinggi yang tida terlampaui, Kami memohon kepadaMu Ya Allah Ya Rahman demi keagungan dan Cahaya DzatMu, agar engkau menyinari pandangan kami dengan KitabMu, dan agar Lisan kami mengucapkannya, dan agar hati kami lega dengannya, dan agar hati kami luas dengannya, dan termandikan badan kami dengannya, sesungguhnya tiada yang menolong kami yang sebenarnya selainMu dan tiada mendatangkan kepada kami kecuali Engkau, dan tiada daya dan upaya melainkan denganMu”

Selain pada saat saat ujian Doa ini boleh di amalkan setelah sholat sebagai Munajat rutin, agar senantiasa di beri apa yang sesuai konteks atau isi daripada Doa tersebut.

Di samping amalan amalan tersebut di atas, ketika anda lupa akan jawaban jawaban soal ujian yang sebelumnya telah anda hafal, maka pejamkan mata anda dan bacalah Istighfar, jika masih saja belum ingat, bacalah doa sholawat berikut ini berulang ulang:

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله كما لا نهاية لكمالك و عدد كماله

Banner

maqolah diatas diambil dari :
warkopmbahlalar.com


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More